Tips merawat kesehatan dengan nol rupiah

 Tips menjaga kesehatan Rp.0,-

 

Kesehatan adalah salah satu permasalahan yang menjadi tugas berat bagi pemerintah. Inovasi demi inovasi sudah lama pemerintah Indonesia lakukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Salah satunya adalah dengan adanya BPJS dan Kartu Indonesia Sehat. Tetapi kali ini bukan itu yang akan kita ulas pada artikel ini. Tetapi lebih kebagaimana cara agar semua masyarakat Indonesia baik dari kalangan ekonomi menengah kebawah sampai menengah ke atas bisa sama sama merasakan hidup sehat.

Ekonomi memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia. Tetapi, kondisi ekonomi bukanlah penghambat untuk kita hidup sehat. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa merasakan nikmatnya sehat. Mulai dari cara yang berbayar namun murah,sampai cara yang benar benar gratis.

Beberapa tips dari saya untuk bisa menjaga kesehatan dengan sangat murah antara lain :

  1. Senyum .

    senyum dipercaya bisa mengaktifkan beta endorfin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan tersenyum selama minimal 20 detik sebanyak 20 kali setiap harinya,maka daya tahan tubuh kita akan menjadi maksimal. Dan dengan daya tahan tubuh yang bagus,maka kita bisa lebih mudah terhindar dari penyakit. Walaupun mungkin dalam kehidupan sehari hari kita belum mampu untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.

    sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Endorphin

  2. Selalu berfikir positive.

    Banyak ahli dan pengamat sependapat kalau penyakit salah satunya berasal dari pikiran manusia itu sendiri. Salah satu hal yang membuat mereka meyakini itu adalah dengan sembuhnya banyak pasien yang secara medis sudah tidak bisa disembuhkan,hanya karena pasien itu yakin dan percaya kalau dia akan sembuh. Bagi beberapa orang, hal ini disebut dengan “ kekuatan sugesti “
    Contoh kasus lainya adalah, ketika kita sedang banyak pikiran,tidak sedikit diantara kita yang akan segera jatuh sakit setelah beberapa hari mengalami hal yang sama ( stres ). Stres juga ternyata mampu membangkitkan/memperkuat sel kanker. Untuk itulah para penderita kanker sangat dianjurkan untuk tidak dibuat stres oleh keluarga dan lingkunganya.

  3. lakukan olahraga secara rutin setiap harinya.

    Yang dimaksud olahraga bukanlah olahraga yang berat berat seperty gym,sepakbola,dan lain sebagainya. Jalan kaki pun sudah termasuk olahraga. Dengan melakukan olahraga secara rutin, peredaran darah tubuh akan lancar,otot otot akan rilex dan akibatnya adalah organ tubuh akan selalu fresh.

  4. Tidur yang cukup.

    Tidur/istirahat adalah hal yang lebih penting dari makan. Manusia mampu bertahan hidup walau tidak pernah mengkonsumsi makanan selama satu minggu. Namun sedikit manusia yang bisa bertahan hidup dengan tidak pernah tidur selama satu minggu. Mengapa? Karena semua organ tubuh manusia dipaksa terus bekerja selama tersadar/terjaga.Sehingga batas kekuatan dari organ tubuh itu terlewati dan akhirnya tidak bisa berfungsi dengan baik. Mesin saja tidak akan kuat kalau dipaksakan bekerja terus menerus, apalagi organ tubuh manusia yang tidak sekuat mesin.

  5. Segera periksakan kesehatan apabila badan merasa sakit walau hanya sakit ( yang dianggap) biasa.

    Kebanyakan orang akan menyepelekan kalau badan merasa meriang,atau flue. Padahal,bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit yang lebih parah. Alangkah lebih baiknya kalau badan sudah merasa tidak enak,segera periksakan kesehatan ke rumahsakit,dokter,puskesmas , atau tenaga medis terdekat. Bagi anda yang berasal dari ekonomi menengah kebawah,anda bisa memanfaatkan BPJS.

  6. Berdoa meminta diberi kesehatan.

    Kesehatan adalah salah satu anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa. Dialah yang maha memberi,termasuk memberi cobaan sakit/penyakit. Maka berdoalan meminta agar senantiasa diberikan kesehatan,dan jangan lupa syukuri kesehatan ketika kita sedang diberi nikmat untuk merasakanya.

Salah satu kendala dari semua program pemerintah adalah pelayanan yang masih kurang maksimal. Walaupun dari pihak pemerintah sudah mewajibkan semua kantor pelayanan untuk melayani masyarakat dengan profesional,tetapi memang masih banyak pihak yang menghiraukan himbauan itu.

BPJS dianggap “ gagal “ oleh sebagian masyarakat Indonesia juga karena ketidak profesionalan institusi kesehatan dalam melayani masyarakat. Tentu saja hal itu tidak akan terjadi apabila masyarakat Indonesia mau melaporkan kepada dinas terkait apabila mengetahui ada institusi kesehatan yang masih belum mau melakukan perintah/himbauan dari pemerintah untuk melayani masyarakat dengan sebaik baiknya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: